Dinas Sosial PPPA
Pemerintah Kabupaten Nganjuk

Wanita Merupakan Sosok Yang Kuat Baik Secara Fisik Maupun Mental


 2018-10-10 |  Admin

Wakil Ketua GOW Kabupaten Nganjuk, Ny.Nining Agus Soebagio membuka secara resmi Pembinaan Organisasi Perempuan yang di gelar di Ruang Roro Kuning. Pembinaan itu sendiri diisi oleh dua pembicara dari Dinas Sosial PPPA yang semua materi berkaitan dengan para perempuan. Yang pertama sebagai pembicara adalah Ernawati W,SH.MSi., Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Peran Aktif Masyarakat. Dan  materi selanjutnya disampaikan oleh Dra.Tatik Yiyitwati,MM. Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat.

                Pemateri pertama menyampaikan hal-hal yang akhir-akhir terjadi dibeberapa lokasi di wilayah Indonesia. Yakni bencana alam. Dan isi materi adalah Kesiapan Keluarga Menghadapi Bencana. Kaitannya dengan perempuan, Ernawati menjelaskan bahwa intinya wanita merupakan sosok yang kuat baik secara fisik maupun mental dalam menghadapi situasi yang mendesak. Salah satunya bencana alam. Sehingga untuk mempersiapkan antisipasi adanya bencana , baik bencana alam atau pun bencana karena ulah manusia, perempuan lah yang bisa diandalkan.

                Misalnya bagaimana harus menyiapkan KPB atau Kotak Persediaan Bencana. Yakni kotak yang berisi bahan kebutuhan anggota keluarga yang dapat dipergunakan selama tiga hari di daerah bencana. ‘’Sedangkan segala kebutuhan anggoat keluarga, biasanya yang paling tahu adalah ibu. Yang notebene adalah perempuan,’’ jelas Erna.

                Sementara itu, pembicara kedua, menyajikan makalah mengenai  Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial. Di dalamnya menyangkut dukungan dan peran serta para tenaga kerja social kecamatan (TKSK), pekerja social masyarakat (PSM) serta wanita pemimpin kesejahteraan social (WPKS). Dukungan tersebut juga diharapkan muncul dari organisasi social (orsos) maupun dunia usaha yang melakukan penyelenggaraan kesejahteraan social. ‘’ Semua itu harus bersinergi dan melakukan koordinasi secara kontinu agar apa yang menjadi tujuan ini tercapai dengan optimal,’’ jelas Tatik. (ich@)