Dinas Sosial PPPA
Pemerintah Kabupaten Nganjuk

Kerja Bhakti dan Evaluasi Tanggap Bencana Paska Bencana Angin Kencang


 2019-07-15 |  Admin

Rumah milik  Sdr. Untung (57 Th), Pekerjaan Tani alamat RT 03/RW 03 Dsn. Karangpedet Ds. Gondangkulon Kec. Gondang Kab. Nganjuk roboh. Peristiwa itu terjadi karena angin kencang yang melanda Minggu (14/7) sore.

Angin kencang yang terjadi pada hari Minggu itu merobohkan satu rumah milik Untung serta menimpa perabotan yang berada didalamnya.

Kejadian tersebut bermula pada pukul 16.00 WIB ketika Sdr. Basini (60 Th) Pekerjaan Tani dan Sdri. Istikomah (63 Th) beralamatkan di Dsn. Karangpedet Ds. Gondangkulon Kec. Gondang Kab. Nganjuk ketika itu numpang istirahat di rumah Sdr. Untung (57 Th). Tiba-tiba mendengar suara bunyi retak-retak berasal dari reng (yang terbuat dari bambu) penyangga atap rumah. Karena takut atau panik maka saksi pergi keluar rumah dan saat itu angin berhembus kencang, tidak lama kemudian rumah tersebut roboh dan menimpa perabotan rumah di dalamnya.

Saksi kemudian berteriak minta tolong, setelah warga datang termasuk Afif (30 Th), Jogoboyo Dsn. Balongkenci Ds. Gondangkulon Kec. Gondang turut membantu menolong selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke perangkat desa lainnya dan di lanjutkan dilaporkan ke Babinsa dan Babinkamtibmas Ds. Gondangkulon Kec. Gondang.

Menyikapi bencana tersebut Kepala Dinas Sosial PPPA Kab. Nganjuk Nafhan Tohawi, SH, MH didampingi relawan Tagana bersama Koramil Gondang, Polsek Gondang, Tksk Nganjuk dan Perangkat Desa serta Masyarakat melakukan Kerja Bhakti dan Evaluasi Tanggap Bencana Paska Bencana alam angin kencang yang mengakibatkan rumah roboh (14/7). Kegiatan yang dilakukan berupa pemberian bantuan serta melakukan pemasangan tenda keluarga untuk di tempati sementara karena rumah rusak berat tidak bisa di tempati. Setelah itu membuat pondasi awal dari proses pembangunan rumah. (yul)